Minggu, 06 Mei 2012

Google Caffein / kafein


Akhirnya seperti yang diprediksikan tentang tingkah laku Google di Tahun 2010 terbukti lagi. Google datang dengan istilah Caffein / Kafein. Ini bisa menjadi kabar buruk dan kabar baik bagi segelintir blogger. Google Caffeine akan mengindeks postingan Anda dengan lebih cepat dan juga memberi peluang kepada blogger-blogger baru untuk nampang di halaman utama Google. Jika hasil cari lama identik dengan yang kuat semakin kuat dan yang lemah semakin lemah maka ini akan berbeda. Google akan lebih cepat memperbarui hasil cari mereka. Menampilkan di halaman pertama dengan postingan yang lebih fresh. Hal ini didasarkan juga pada banyaknya kasus perubahan yang terjadi di dunia internet. Misalkan Anda mencari tutorial cara pembuatan email di gmail. Jika dulu pembuatan dilakukan tanpa verifikasi lewat handphone, sekarang harus diverifikasi dahulu. Tutorial-tutorial temuan di hasil cari Google bisa saja adalah tutorial yang sudah sangat kuat dan bercokol lama di Google, padahal isinya masih belum diperbarui.


Nah, contoh kasus di atas adalah salah satu pertimbangan. Karena Google ingin memberikan hasil yang lebih fresh dan juga relevan.

 

Postingan Anda akan diindeks dengan cepat hanya dalam beberapa menit saja. Dan tidak menutup kemungkinan Anda langsung berda pada posisi puncak. Ini adalah ilsutrasi cara hasil cari lama dan baru:


Dulu Google mengelompokkan hasil cari mereka pada lapisan-lapisan tertentu. Dan itu akan diperbaharui oleh Google dalam waktu dua minggu tentang masih pantas atau tidaknya halaman tersebut bercokol. Sekarang, lapisan tersebut akan seperti berbaur karena update Google akan sangat cepat.

Sebenarnya Google telah mempersiapkan ini, dengan diluncurkan hasil cari Google yang dilengkapi (Baca: Logo dan Tampilan Baru Google Untuk Kinerja Lebih baik) sidebar kiri untuk mempermudah Anda menyaring hasil cari. Termasuk berkaitan dengan ini Anda dapat mudah menyaring hasil cari berdasar waktu agar hasil Google benar-benar pas untuk Anda.

Google akan terus memperbaharui sistemnya di bulan-bulan mendatang. Jangan takut bersaing dengan para senior yang jauh lebih lama kungkum di Google. Sekarang saatnya Anda update dan update, sekali lagi Konten adalah Raja... Namun buakn berarti juga Anda harus kesampingkan tehnik SEO Anda, karena ada jutaan orang yang posting bersama Anda dalam jam posting Anda... Dan mungkin, 10 orang saja yang memiliki ide sama dengan Anda, sudah cukup melempar Anda ke halaman dua Google, dan itu bukan janji traffic...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar