Rabu, 09 Mei 2012

Memprediksi Ongkos Membuka Restoran


restoran_ellgBagi sebagian orang, memiliki restoran merupakan impian besar terutama bila orang itu hobi dengan tata boga atau senang pada seluk beluk dunia kuliner. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah berapa kira-kira ongkos untuk membuka restoran itu? Besarkah biaya yang harus diinvestasikan? Agar mendapat gambaran yang cukup jelas, berikut beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk membuat perencanaan anggaran biaya membuka restoran.


  • Bila tak mau repot melakukan penghitungan secara terperinci, Anda bisa membeli resto yang sudah berdiri sebelumnya. Memang akan ada dana tambahan cukup besar untuk merenovasi sejumlah item namun setidaknya Anda memiliki penghitungan yang jelas. Kondisi ini juga bisa mempermudah proses pencairan dana bila Anda berminat mengajukan kredit kepada bank atau lembaga keuangan lain.
  • Jika memilih mendirikan restoran dari nol, hal utama yang harus diperhatikan adalah lokasi serta jenis resto. Kedua hal tersebut sangat berperan menentukan biaya yang harus Anda keluarkan. Konsep resto ini kelak juga akan berpengaruh pada peralatan serta perlengkapan yang diperlukan untuk mengelo la resto.
  • Perlu diperhatikan, selain cita rasa makanan, kenyamanan resto juga menjadi pertimbangan konsumen untuk berkunjung ke sebuah resto. Kenyamanan ini tak hanya berhubungan dengan pelayanan terhadapcustomer namun juga lingkungan resto yang didukung dengan penampilan interior yang menarik. Bila Anda ingin memerhatikan kepuasan pelanggan, biaya interior layak untuk dimasukkan ke dalam anggaran.
  • Sebagai tindakan antisipasi, Anda perlu memasukkan 'biaya tak terduga' dalam perencanaan anggaran biaya yang antara lain meliputi biaya promosi, pelatihan SDM secara kontinyu dan lain sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar