Rabu, 09 Mei 2012

Bisnis Yang Mencerdaskan “Les Privat”


belajar privat 202x200 Bisnis Yang Mencerdaskan Les PrivatUsaha les privat termasuk peluang usaha yang tidak akan pernah mati selama masih ada anak yang bersekolah. Orang tua mana yang tidak ingin anaknya pandai dan cerdas? Sehingga tidaklah mengherankan orang tua si anak tidak segan-segan untuk mengeluarkan biaya hanya untuk mencarikan les tambahan bagi anaknya. Disitulah peluang bisnisyang harus Anda rebut. Walaupun Anda hanya memiliki satu kemampuan di bidang ilmu pengetahuan tertentu, Anda dapat menyewa orang lain atau teman Anda untuk memberikan les kepada konsumen yang meminta Anda. Biasanya, les privat diberikan di luar jam sekolah, baik sore atau malam hari.


Konsumen
Konsumen Anda adalah siswa sekolah dasar, SMP, SMA, atau bahkan perguruan tinggi. Khusus perguruan tinggi, mahasiswa konsumen Anda biasanya meminta les privat berupa bahasa inggris dengan alasan untuk membekali diri mereka untuk bekal mencari pekerjaan ketika mereka lulus, sebab beberapa instansi atau perusahaan biasanya mensyaratkan kemampuan bahasa inggris, paling tidak pasif, untuk dapat menjadi pegawainya.
Info Produk
Usaha les privat biasanya menawarkan beberapa paket pilihan bagi konsumennya. Dari mulai privat semua mata pelajaran, les privat dengan konsen satu mata pelajaran saja, hingga les privat baca tulis Al – qur’an yang akhir – akhir ini banyak dicari para orang tua wali bagi para anaknya.  Sedangkan untuk penentuan harga biasanya ditentukan dari lama mengajar, untuk saat ini biaya les privat dari Rp 25.000,00 / jam hingga ratusan ribu per jam. Semakin banyak siswa yang berprestasi, biasanya tarif seorang tutor akan semakin mahal pula.
Keuntungan usaha
Menjalankan bisnis ini tidaklah terlalu sulit. Dengan bekal ilmu pengetahuan tertentu, Anda sudah bisa membuka usaha ini. Anda tidak memerlukan modal besar untuk menyewa tempat, ataupun membeli peralatan dengan harga yang mahal. Yang Anda butuhkan hanyalah bekal pengetahuan dan ilmu tertentu yang dibutuhkan para siswa. Selain itu usaha ini juga memiliki waktu yang fleksibel, biasanya les privat dimulai di sore hari setelah para siswa pulang sekolah. Jadi pagi hari Anda tetap bisa menjalankan rutinitas Anda sehari – hari, tak heran lagi jika banyak mahasiswa yang menjalankan usaha ini di sela – sele kesibukan kuliah mereka.
Kekurangan usaha
Rintangan yang bisa menjegal Anda dalam usaha ini adalah ketidakmampuan Anda untuk membuat siswa Anda untuk mencapai ranking yang tinggi di sekolahnya sehingga orang tua siswa bisa jadi mencari tutor lain untuk anaknya. Jika pemintaan orang tua anak kepada Anda untuk memberikan les privat dan Anda kesulitan, memilih mencari bantuan tutor lain dengan sistem bagi hasil maka keuntungan tambahan tidak akan menjadi milik Anda lagi karena harus dibagi dua.
Pemasaran
Kesuksesan bisnis ini adalah promosi ke konsumen yang ada di dekat sekolah, karena target pasar usaha ini adalah para siswa. Anda dapat mempromosikannya dengan membagikan brosur maupun pamflet di sekolah – sekolah. Disamping itu strategi promosi dari mulut ke mulut juga dapat membantu pemasaran bisnis ini, semakin banyak orang yang mempromosikan usaha Anda maka semakin besar pula image positif yang tertanam pada konsumen.
Kunci Sukses
Dalam menjalankan usaha ini, hal yang paling penting adalah kesabaran Anda menghadapi anak-anak kecil dan remaja yang Anda ajar. Dengan memahami mereka, Anda dapat mengetahui cara penyampaian materi yang dapat mereka mengerti dengan mudah. Karena tiap anak memiliki cara pemahaman yang berbeda – beda.
Analisa Ekonomi

Modal Awal
Promosi                                    Rp 200.000,00
Buku dan pena                              Rp 100.000,00+
Total                                      Rp 300.000,00

Biaya Operasional
Transportasi                               Rp 150.000,00
Buku dan pena                              Rp 100.000,00+
Total                                      Rp 250.000,00

Omzet satu orang tutor dengan 2 sesi ngajar sehari @ Rp 25.000,00 
2 sesi x @ 25.000,00 x 25 hari             Rp 1.250.000,00

Laba per Bulan 
Rp 1.250.000,00 - Rp 250.000,00       =    Rp 1.000.000,00

Masa Kembali Modal < 1 bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar