Rabu, 09 Mei 2012

Langkah-langkah Bisnis Cutting Sticker

cutting0911Bisnis jasa cutting sticker sejatinya termasuk bisnis kreatif karena mengandalkan desain. Tapi bukan berarti, mereka yang kurang piawai dalam hal desain tak bisa melakoni bisnis ini. 

Berikut beberapa tips yang perlu dicermati sebelum memulai bisnis jasa cutting sticker: 

1. Anda harus mahir mendesain dan menggambar

Kalau Anda tidak mahir, Anda harus punya pegawai yang mahir mendesain dan menggambar. 

2. Mempersiapkan tempat usaha yang layak

Ada baiknya Anda memilih lokasi yang strategis. Terutama yang ramai dilalui kendaraan bermotor. Kalau bisa cari lokasi yang belum ada pemain lainnya. Lokasi yang ramai mempercepat proses pengenalan gerai usaha cutting sticker.Kemudian pasang besar-besar papan reklame cutting sticker yang bisa dilihat orang.




3. Ruang usaha yang diperlukan tak perlu terlalu besar

Anda hanya perlu menempati ruang usaha satu lantai berukuran 3 m x 4 m. Ruang usaha tersebut Anda bagi menjadi dua, yaitu ruang pelayanan dan ruang produksi.

4. Menyiapkan bahan baku

Ini ada kaitannya dengan proses pengerjaan stiker. Bahan baku utamanya stiker polos. Selebihnya stiker berwarna. Cukup mudah jika anda ingin mendapatkan bahan stiker ini. Anda bisa membelinya dengan menghubungi para dealer merek-merek stiker ternama, seperti 3M, Aslan, Oracal, Kiwalite, dan lain-lain.

5. Membeli komputer canggih

Kamputer yang Anda beli harus sanggup mengoperasikan program-program desain semacam Freehand, Coreldraw, Adobe, serta program cutting stickersemacam Art Cut dan Casmate. Harganya sekitar Rp 5juta hingga Rp 6 jutaan.

6. Membeli alat pemotong stiker

Fungsi alat ini adalah untuk memotong stiker sesuai dengan apa yang telah dibentuk di komputer. Harga alat ini lumayan mahal, yaitu antara Rp 15 juta hingga Rp 40 juta per unit, tergantung dari jenis dan mereknya.

7. Siapkan perlengkapan penunjang kerja

Misalnya, kamera digital, scanner, mesin pencetak (printer), hingga perkakascutting sticker semisal gunting, pinset, selotip transparan, dan lain-lain. Semua alat ini diperlukan sebagai penunjang untuk bekerja dan berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar