Sabtu, 12 Mei 2012

Kelamaan Didepan Layar TV / Komputer Rawan Mata Minus.

minus ( alias kabur bila melihat jauh ). Setiap berhadapan atau berada didepan layar monitor, organ yang bekerja keras adalah mata, apalagi dalam waktu yang lama, mata akan semakin bekerja keras. Kenapa mata harus bekerja keras?.

Mata kita melihat dengan normal apabila jarak antara layar dan mata juga normal yaitu lima kali dari diagonal layar. Contohnya apabila layar besarnya 14 inci, maka jarak yang normal adalah 70 inci atau 1,7 meter. Apabila jarak pandang terlalu dekat, maka mata akan melakukan proses akomodasi ( mencembung daripada normal ) dan bila dalam jangka waktu yang lama akan terjadi perubahaan struktur pada mata.



Perubahaan ini akan mengakibatkan bayangan benda yang masuk ke mata tidak jatuh pada titik yang normal (bintik kuning) seperti pada orang normal. Ini yang disebut Myopi atauMinus yang sering dikatakan orang. Biasanya diperlukan bantuan kacamata yang berlensa cekung agar bayangan jatuh tepat dibintik kuning tadi. Selain kacamata sekarang bisa juga dengan bantuan memakai lensa kontak atau bisa juga diatasi dengan pengobatam sinarlaser. Gangguan ini ( minus) semakin cepat terjadi pada anak yang punya ortu berkacamataminus.

Tips untuk menghindari mata minus atau biar minus tidak mudah bertambah :

Usahakan waktu didepan layar monitor tidak lebih dari satu jam.
Apabila dirasa masih kurang sebaiknya berhenti dulu sebentar, dilanjutkan dengan berdiri atau bisa juga ke ruangan lain untuk sekedar minum. Kemudian manfaatkan waktu denganmembuat mata supaya rileks dengan melihat benda-benda yang berada dikejauhan sambil mengedip-ngedipkan mata agar air mata keluar membasahi mata ( Air mata berfungsi sebagai pelumas ). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar