Minggu, 06 Mei 2012

Cara mudah submit blog ke mesin pencari



Men-submit sitemap ke dalam mesin pencari adalah salah satu dasar SEO (Search Optimization) yang dapat di implementasi kan dalam blog atau website Anda. Sitemap adalah sebuah kumpulan list yang memudahkan halaman website untuk ditemukan oleh crawler dari mesin pencari tersebut. Beberapa mesin pencari yang banyak diandalkan oleh para blogger diantaranya adalah Google, Yahoo!, Bing dan Ask. Berikut ini cara mudah untuk submit blog ke mesin pencari tersebut.

Submit Sitemap Ke Google
Untuk submit ke Google webmaster tools, Anda diharuskan memiliki akun Gmail untuk login ke Google Webmaster. Setelah login pilih add your website pada dasboard Anda untuk memasukkan blog / website Anda.

Setelah blog / website sudah ter-submit, Anda akan diminta untuk memverifikasinya. Google memberikan dua cara untuk proses verifikasi ini. Pertama adalah menyisipkan meta tag ke dalam blog / website Anda pada bagian antara dan . Cara yang kedua adalah dengan meng-upload file HTML ke dalam server, cara ini hanya bisa dipakai untuk blog yang memiliki domain sendiri. Jika sudah menyisipkan meta tersebut, klik VERIFY.
Jika sudah terveritifikasi, langkah terakhir adalah men-submit sitemap. Pilih Sitemap kemudian klik Submit a Sitemap. Google akan mengindeks halaman blog / website Anda kurang lebih 3 hari.
Submit Sitemap Ke Yahoo!
Seperti Google, Yahoo! Juga memiliki fitur webmaster tools. Silakan kunjungi Yahoo! SiteExplorer. Login dengan akun Anda. Pilih add your website pada SiteExplorer. Kemudian masukkan alamat blog / website Anda.
Jika alamat blog Anda sudah didaftarkan, langkah selanjutnya adalah memverifikasi. Langka ini hampir sama dengan Google. Ada dua cara, yaitu menyisipkan meta tag dan mengupload file HTML. Jika sudah, klik VERIFY. Yahoo! Akan mengindeks halaman blog / web Anda.

Submit Sitemap Ke Bing
Jika Anda sudah memilik sitemap.xml, copy dan paste URL di bawah ini ke dalam browser (Mozilla/IE/Opera/dsb) :

http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?sitemap=www.AlamatBlogAnda.com/sitemap.xml

Ganti “www.AlamatBlogAnda.com” dengan nama blog Anda. Kemudian tekan ENTER. Selesai dan tunggu beberapa saat agar blog / website Anda terindeks.

Submit Sitemap Ke Ask
Proses submit ke dalam Ask hampir sama dengan Bing. Jika Anda sudah memiliki sitemap.xml, copy dan paste URL di bawah ini ke dalam browser (Mozilla/IE/Opera/dsb) :

http://submissions.ask.com/ping?sitemap=http%3A//www.AlamatBlogAnda.com/sitemap.xml

Ganti “www.AlamatBlogAnda.com” dengan nama blog Anda. Kemudian tekan ENTER. Selesai dan tunggu beberapa saat agar blog / website Anda terindeks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar