Senin, 07 Mei 2012

Tips Pemasaran Bisnis Yang Disukai Para Pelanggan


perilaku konsumen 200x127 Tips Pemasaran Bisnis Yang Disukai Para PelangganPesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia ternyata bukan hanya menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup banyak, namun juga diiringi persaingan pasar yang semakin hari semakin ketat. Kondisi inilah yang sekarang ini memaksa sebagian besar pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan strategi pemasaran bisnisnya.
Hal ini cukuplah penting, sebab tanpa strategi pemasaran yang unik, bisa dipastikan bila bisnis yang mereka jalankan akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar dan gagal mencapai target penjualan yang ditentukan perusahaan. Oleh karena itu, dalam mengembangkan sebuah usaha, diperlukan tips pemasaran bisnis yang disukai para pelanggan agar produk yang Anda tawarkan laris manis di pasaran.
Berikut adalah beberapa tips pemasaran efektif yang bisa Anda jalankan untuk merangkul calon konsumen.


  • Dengarkan konsumen dan pahami kebutuhan mereka
Sebagian besar konsumen akan merasa senang apabila mereka diperhatikan dengan baik oleh para pelaku usaha. Karenanya, sebisa mungkin dengarkan keinginan maupun keluhan yang mereka sampaikan dan pahami kebutuhan yang mereka cari. Dengan menciptakan kebutuhan yang mereka cari, tidak menutup kemungkinan bila konsumen Anda akan semakin loyal dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan.
  • Bangun komunikasi pemasaran yang efektif
Komunikasi merupakan salah satu kunci utama dalam dunia pemasaran. Segala macam produk maupun jasa dapat diterima pasar apabila kita menginformasikannya dengan komunikasi yang baik dan menarik. Faktor inilah yang membuat komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan minat dan meyakinkan konsumen agar segera mengambil keputusan dan mencari informasi lebih lanjut tentang produk serta jasa yang Anda tawarkan.
  • Berusaha mengikuti perkembangan teknologistrategi pemasaran 200x132 Tips Pemasaran Bisnis Yang Disukai Para Pelanggan
Sekarang ini tidak hanya pemasaran tradisional yang disukai para konsumen. Bahkan bisa dikatakan konsumen sudah mulai bosan dengan strategi pemasaran jadul (jaman dulu) yang sering dijalankan para sales produk, sehingga sebagai pelaku pasar Anda harus pintar-pintar mengikuti perkembangan teknologi yang belakangan ini marak digunakan masyarakat. Misalnya saja seperti mengandalkan media online (website) untuk mempromosikan produk, menggunakan situs jejaring sosial (facebook atau twitter) untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta masih banyak lagimarketing trends lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan.
  • Butuh testimoni atau pengakuan langsung dari para pelanggan
Terkadang calon konsumen lebih mudah percaya terhadap suatu produk maupun jasa yang direkomendasikan langsung oleh kerabat maupun teman dekat yang ada di sekitar mereka.
Pengakuan dari para pelanggan yang sudah mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa Anda, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga tidak heran bila mereka semakin yakin untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
Nah, setelah membahas empat tips pemasaran bisnis yang disukai para pelanggan. Kini saatnya Anda mempraktekannya langsung dalam memasarkan produk dan mendapatkan omset besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar