Rabu, 09 Mei 2012

Merintis Bisnis Konsultan IT atau Komputer

computer-consultant




Saat ini eranya digital. Di hampir setiap rumah dengan penghasilan berkecukupan pasti memiliki 1-2 komputer atau laptop. Belum lagi corporateyang menuntut keberadaan komputer atau laptop sebagai sarana bekerja.

Walau komputer yang dipilih sesuai selera masing-masing, apakah ingin buatan Jepang atau Eropa atau AS, berbasis sistem Windows atau Macintosh tapi belum tentu mereka semua menguasai secara teknis pada device yang dimilikinya.



Cara terbaik untuk memperbaiki komputer atau laptop yang bermasalah tersebut adalah dengan membawanya kepada sejumlah pihak yang memang andal di bidangnya. Hal ini yang membuat bisnis konsultan komputer akan tetap potensial untuk beberapa tahun ke depan.

Bila Anda berniat menjadikan bidang ini sebagai bisnis untuk peroleh penghasilan, berikut langkah-langkahnya.

Wawasan dan keahlian
Modal utama untuk menjalani bisnis ini adalah pengetahuan serta keahlian mumpuni dalam mengoperasikan komputer. Perlu diketahui bahwa sistem, program dan komputer update setiap minggunya jadi penting pula bagi Anda untuk senantiasa mengikuti tren-tren terbaru seputar komputer beserta teknologinya.

Asah serta latih terus kemampuan teknis dan skill Anda di bidang teknologi komputer melalui sejumlah pelatihan, seminar atau kelas khusus. Bila perlu,update informasi mengenai dunia teknologi dengan membaca jurnal, artikel atau hal lain yang banyak tersaji di jagat maya.

Bila Anda tak memiliki background di bidang teknologi komputer atau TI dan hanya ingin berperan sebagai orang di balik layar saja maka pekerjakan orang yang memang andal dan profesional di bidangnya.

Untuk memudahkan konsumen, buatlah daftar servis yang Anda tawarkan kepada mereka, dari servis sederhana hingga yang terumit atau Anda juga bisa menawarkan servis-servis itu secara paket.

Komputer
Salah satu perangkat wajib yang harus Anda miliki bila ingin melakoni bisnis ini adalah komputer. Device itu tak hanya berguna untuk mengelola bisnis secara lebih efisien dan efektif tapi juga bisa menambah klien secara online. Raih keuntungan yang lebih mudah dan relatif murah dengan mempromosikan bisnis Anda secara di dunia maya.

Internet
Perluas daya jangkau bisnis konsultan IT atau komputer Anda dengan memanfaatkan jagat maya. Buat website dan login ke sejumlah jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, Twitter untuk meraih kepercayaan publik.

Lokasi
Anda tak perlu gedung atau bangunan besar sebagai ‘markas’ bisnis. Untuk sementara, manfaatkan rumah sebagai basis pengoperasian bisnis dan rekrut setidaknya lima pekerja untuk membantu pengelolaan bisnis Anda.

Bulletin board
Untuk semakin mempopulerkan usaha Anda, promosikan bisnis tersebut dengan membuat flyer, baik online maupun offline, dan kemudian sebarkan ke komunitas atau corporate serta melalui newsletter dan lain sebagainya. Bila ingin menggunakan cara konvensional, pakailah kekuatan promosi dari-mulut-ke-mulut.

Selamat merintis bisnis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar