Senin, 07 Mei 2012

Tips dan Trik Menjalankan Promosi Online


promosi online 200x154 Tips dan Trik Menjalankan Promosi OnlineTingkat pengguna internet yang semakin besar di kalangan masyarakat mendorong para pelaku usaha untuk mulai gemcar memasarkan produk maupun jasa mereka melalui media online. Berbagai macam strategi promosi yang semula dijalankan secara offline, kini mulai diinovasikan dengan memanfaatkaninternet seperti promosi iklan, sales promotion, public relation, direct marketing, serta personal selling.
Nah, untuk mengetahui strategi apa saja yang bisa dilakukan melalui promosi online, berikut kami informasikan tips dan trik menjalankan promosi online yang bisa Anda coba dari sekarang.


1. Promosi Iklan
Bila biasanya pelaku usaha melakukan promosi iklan dengan memanfaatkan space atau ruang promosi di televisi, radio, surat kabar, dan majalah, maka lain halnya dengan promosi bisnis di media online yang pelaku usahanya cenderung melakukan promosi iklan dengan bertukar link ke situs-situs lainnya yang masih bersangkutan dengan topik bisnis yang sedang dijalankan. Meskipun pada beberapa media online juga menyediakan space khusus untuk media promosi berupa banner iklan atau iklan teks.
2. Sales Promotion
Untuk meningkatkan promosi penjualan, biasanya para blogger maupun pelaku bisnis online lebih senang memberikan kebermanfaatan bagi para konsumennya. Bahkan tak jarang mereka membagikan ebook gratis bagi para membernya, memberikan jaringan discount bagi para pelanggan setia, serta menyediakan berbagai macam bonus dan hadiah untuk membangun loyalitas para konsumen.
3. Public Relation
Strategi promosi yang ketiga yaitu memanfaatkan ilmu dan kemampuan di bidang public relation untuk melakukan pendekatan pada konsumen. Misalnya saja melengkapi website Anda dengan daftar FAQ (Frequently Asking Questions) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan para konsumen, membuat press release, mencantumkan galeri foto, serta memberikan layanan download aplikasi gratis untuk menarik minat para pelanggan.
4. Direct Marketingshopping cart 200x159 Tips dan Trik Menjalankan Promosi Online
Strategi promosi online melalui direct marketing akan mempermudah calon konsumen untuk berinteraksi dengan para pelaku usaha. Karenanya, jangan pernah lupa untuk mencantumkan alamat perusahaan serta contact person yang dapat dihubungi, alamat email, kolom komentar, site map, pilihan bahasa, serta agenda kegiatan yang akan diadakan, agar konsumen bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan juga jelas.
5. Personal Selling
Promosi personal selling lebih menekankan pada penyediaan fasilitas online untuk mempermudah transaksi pemesanan maupun pembayaran, misalnya saja seperti shopping cart untuk melakukan pembelian secara online, booking online untuk memesanan produk maupun jasa melalui internet, paypal untuk melakukan pembayaran online, dan lain sebagainya.
Dengan bantuan internet, diharapkan para pelaku usaha bisa mempromosikan produk unggulannya hingga mancanegara dengan biaya yang sangat terjangkau. Jadi, bagi para pemula yang sedang bingung memasarkan produk unggulannya, tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mencoba mempromosikannya melalui dunia maya. Ciptakan peluang baru untuk meningkatkan omset penjualan Anda, dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar