Senin, 07 Mei 2012

Toko Buku Online


ilustrasi toko buku online2 250x186 Toko Buku OnlineMenyelami peluang bisnis online memang tidak akan ada habisnya. Berbagai macam peluang bisnispun saat ini mulai bermunculan seiring dengan peningkatan jumlah pengguna internet. Misalnya saja peluang bisnis toko buku online, yang belakangan ini banyak diminati para pencari usaha.
Prospek bisnis toko buku online memang sangat cerah, tak heran jika banyak penggemar buku maupun  beberapa pemilik toko buku offline mencoba terjun dalam bisnis ini. Jika dibandingkan dengan toko buku offline, menjual buku melalui media online memiliki beberapa keunggulan yaitu pengusaha dapat mendistribusikan produk bukunya hingga merata ke berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Sehingga jangkauan pasarnya lebih luas jika dibandingkan dengan toko buku yang dibuka secara offline saja. Selain itu bisnis online juga dapat dijalankan selama 24 jam, jadi secara otomatis toko buku Anda juga bisa buka selama 24 jam, tidak seperti toko buku offline yang waktu operasionalnya lebih singkat.


Saat ini bisnis toko online jumlahnya meningkat cukup tajam. Coba saja search melalui google, kurang lebih 200an toko buku online akan muncul dan memberikan penawaran produk yang beragam. Dari mulai bukukita.com, inibuku.com, bukabuku.com, kutukutubuku.com, serta sejumlah toko buku besar seperti Gramedia, dan beberapa penerbit buku lainnya yang ikut meramaikan bisnis online sekarang ini.
Membuka toko buku online memang tidak mudah, ada beberapa kendala yang dihadapi para pelaku bisnis ini. Kendala yang paling besar adalah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap toko online yang masih sangat kurang. Sehingga belum semua orang tertarik untuk membeli buku melalui online. Untuk menarik minat konsumen terhadap toko buku online, berikut kami berikan beberapa tips dalam menjalankan toko buku online.
1. Usahakan untuk menjalin kerjasama dengan toko buku atau penerbit bukuyang cukup besar di kota Anda, sehingga kelengkapan buku yang Anda tawarkan juga terjaga. Akan lebih bagus lagi jika buku – buku yang ditawarkan adalah produk best seller yang banyak dicari pasar.
2. Tawarkan harga yang bersaing dengan toko buku offline, bila perlu berikan diskon pada buku – buku Anda untuk menarik minat konsumen.
3. Berikan kemudahan dalam pemesanan produk, baik kemudahan dalam memilih layanan yang ada pada toko online Anda maupun kemudahan dalam proses pembayaran ( menggunakan transaksi banking atau menggunakan paypal ).
4. Lengkapi buku yang Anda tawarkan dengan informasi harga, gambar produk, serta resensi atau review tentang buku tersebut. Sehingga konsumen tidak salah dalam memilih buku, karena telah mengetahui informasi mengenai buku yang akan mereka beli.
toko buku 250x166 Toko Buku Online5. Bedakan buku – buku sesuai dengan kategorinya, misalnya dengan membuat kategori buku anak, buku pelajaran, buku fiksi, buku biografi, dll. Ini untuk mempermudah konsumen untuk menemukan buku yang mereka cari.
6. Selanjutnya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online, cantumkan pula alamat dan contact person yang dapat dihubungi konsumen secara langsung. Bila perlu sediakan layanan chat online melalui YM, agar konsumen dapat berkomunikasi langsung ketika hendak menanyakan sebuah buku.
Meskipun pada akhirnya tingkat pembelian produk tergantung minat, dayabeli konsumen, namun dengan adanya tips menjalankan toko buku online semoga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan toko buku online dan dapat menambah minat baca masyarakat, karena akses untuk memperoleh bukupun juga semakin mudah. Sekian informasi bisnis online untuk minggu ini, selamat mencoba dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar