Rabu, 27 Maret 2013

Troubleshooting Speedy


Troubleshooting Speedy

Buat yang berlangganan Speedy, Ada tips utk menghandle sendiri
 gangguan yang sering terjadi pada koneksi internet Speedy. 
Dari pengalaman kebanyakan gangguan akses Speedy itu
 berasal dari sisi CPE (Costumer Premises Equiptment) atau
 disebut juga kelengkapan di sisi user seperti modem dan 
splitter hingga kesalahan sepele seperti salah username dan 
password.


Lihat IP modem: Klik Start – Run – ketik cmd
 (pada Windows XP/Vista), command ( pada Windows 98/2000) 
lalu muncul halaman command dan ketik ipconfig/all dan enter.
 Lihat IP Gateway (modem). Misal IP Gateway adalah 192.168.1.1. 
Gambar berikut menunjukkandisplay ipconfig/all.





Cek koneksi PC ke modem ADSL: Klik Start – Run, ketik ping 192.168.1.1 -t 
sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut.

Kemudian Cek koneksi PC ke DNS Telkom: Klik Start – Run, ketik 
ping 202.134.0.155 -t, sehingga muncul tampilan berikut.


Jika Koneksi gagal setelah login speedy dan pesan command tidak sama 
dengan di atas misal “request time out” atau “destination host unreachable”
 seperti yang ditunjukkan pada gambar.


Maka lakukan troubleshooting sebagai berikut:

1. Pastikan saluran telepon baik dengan mengangkat pesawat telpon dan 
mendapat nada dial.

2. Pastikan kabel Ethernet Modem – PC dan kabel modem - telepon terhubung
 dengan baik. Tidak ada PABX, paralel telepon atau peralatan lain yang terhubung
 sebelum splitter.

3. Matikan modem dan tunggu sekitar 1 menit, nyalakan kembali dan pastikan
 lampu ADSL menyala tanpa blinking.

4. Pastikan username dan password sudah benar

Username : No.speedy@telkom.net
Password : xxxxx

5. Jika LAN disable. Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection –
 Local Area Connection, Double klik Local Area Connection
 untuk men-enablekan LAN.

6. ADSL tidak blinking tetapi koneksi PC ke DNS “request time out”.
 Matikan fitur firewall (lihat user manual modem) di sisi modem,
 lakukan restart modem ADSL.

7. Pesan DNS masih “request time out” atau tidak mendapat IP.
 Lakukan setting IP:

a.Pada windows XP

Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection –
 Local Area Connection – TCP/IP. Isi kolom TCP/IP berikut:

IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.1.1 (Harus sama dengan IP address modem)
Preferred DNS : 192.168.1.1 dan Alternate DNS : 202.134.0.155

b.Pada Windows 98/ME/2000

Klik Start – Settings – Control Panel – Network – Configuration tab –
 TCP/IP Properties. Isi kolom TCP/IP sebagai berikut:

IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Preferred DNS : 192.168.1.1dan Alternate DNS : 202.134.0.155

8. Jika modem hang. Refresh dan Setting ulang modem via menu
 modem (lihat user manual modem, Note: VPI=8, VCI=81 )

9. Hubungi 147 untuk informasi lebih lanjut.

Nah untuk anda yang berlangganan Speedy berbasis ADSL ini, kalo
 ada gangguan coba deh ikutin cara-cara ini dan jangan cepat-cepat
 untuk telp ke 147.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar